Cara Mengatasi HP Terkena Air: Solusi HP Terendam Air

Cara Mengatasi HP Terkena Air – Bagaimana penanganan jika HP tercemplung ke dalam air? Apakah ada cara mengatasinya tanpa harus ke tukang servis? Apakah bagian dalam HP yang terendam air akan rusak atau konslet? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk memudahkan navigasi. Tks.


Sehati-hati apapun kalian dalam menggunakan HP, sewaktu-waktu pasti akan terjadi keteledoran.

Akibatnya yang ditimbulkan kadang fatal dan mengharuskan kalian mengirim HP ke tukang servis; kadang pula hanya timbul masalah yang sebetulnya bisa diselesaikan dengan penanganan yang sederhana.

Salah satu masalah yang, dalam beberapa kasus, bisa ditangani sendiri adalah ketika HP kalian terkena atau tercemplung ke dalam air.

Layaknya kecelakaan pada umumnya, pasti ada tindakan atau pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek yang ditimbulkan dari kecelakaan tersebut.

Nah, jika kasusnya HP kalian tercemplung atau terendam air terus tiba-tiba mati … apa yang sebaiknya harus dilakukan?

Cara Mengatasi HP Terkena Air

Kami sudah merangkum setidaknya 7 cara yang bisa kalian lakukan sebagai pertolongan pertama dalam mengatasi HP terkena atau terendam air.

Langkah 1: Matikan HP

Jika ketika terendam air HP kalian masih hidup, segera ambil dan matikan. Sebab ada kemungkinan air masuk ke dalam HP. Sementara di dalam perangkat yang hidup terdapat arus listrik yang mengalir.

Ketika air dan arus listrik itu bertemu, kemungkinan untuk merusak komponen elektronik di dalam HP menjadi lebih besar.

Langkah 2: Lepas Komponen yang Bisa Dilepas

Jika HP kalian masih menggunakan baterai terpisah, monggo dibuka casingnya kemudian lepas baterai, kartu SIM, dan micro SD.

Namun jika HP kalian sudah menggunakan baterai tanam, agak sulit untuk membuka casing kalau tidak punya alat servis HP yang proper. Jadi kalian bisa lepas kartu SIM dan micro SD saja.

Langkah 3: Keringkan Bagian Luar HP

Langkah ketiga adalah mengeringkan semua komponen yang bisa kalian lihat. Baterai, SIM tray, micro SD, dan bagian HP seluruhnya.

Terutama pada bagian LCD yang rentan sekali muncul flek hitam, karena memang terdapat bagian lunak yang tidak tahan pada kelembaban air.

Pakai kain yang bagus dalam menyerap air agar ketika dilap tidak menyisakan bercak-bercak.

Kemudian dalam melakukannya, pakailah perasaan dan tetap berhati-hati agar tidak terlalu banyak gerakan yang ditimbulkan.

Sebab gerakan-gerakan tersebut bisa saja membuat tetesan air di dalam HP mengalir ke mana-mana.

Langkah 4: Gunakan Vacuum Cleaner

Sebagai effort lebih untuk memastikan kering-tidaknya HP, kalian bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot bagian-bagian yang tidak terjangkau oleh kain. Misalnya di colokan charger, lubang speaker, dll.

Gunakan vacuum cleaner mini yang lubang penyedotnya kecil agar lebih maksimal, serta bisa menjangkau sudut-sudut kecil di dalam HP.

Langkah 5: Kubur HP dalam Beras

Beras adalah benda penyerap air dalam kelembaban alami yang bisa kalian manfaatkan untuk mengeringkan HP.

Caranya cukup mudah, cukup kubur semua bagian HP ke dalam beras dan biarkan seharian atau lebih lama.

Sebagai alternatif, kalian juga bisa gunakan silica gel yang biasanya disertakan di kardus-kardus sepatu karena benda tersebut juga punya fungsi untuk menyerap kelembaban.

Langkah 6: Pasang Komponen

Setelah lima langkah di atas ditempuh, coba pasangkan kembali komponen HP yang sebelumnya sudah dilepas.

Kemudian coba hidupkan kembali HPnya. Mudahan bisa menyala dengan normal.

Langkah 7: Tidak Menyala Normal? Bawa ke Tukang Servis

Namun jika ternyata ada beberapa hal yang terasa kurang normal, seperti HP jadi cepat panas, sila bawa ke tukang servis. Kemungkinan besarnya ada komponen yang terlanjur konslet sebelum penanganan pertama dilakukan.

Berdoa saja mudah-mudahan bukan komponen utama yang rusak, sehingga bisa diganti komponennya dengan yang baru.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Ponsel Terendam Air

Ada beberapa hal yang pantang untuk dilakukan pas pertama kali HP kalian terendam air. Berikut di antaranya:

  • Jangan pernah nyalakan HP sesaat setelah terendam air. Karena arus listrik yang dialirkan baterai bisa bertemu dengan tetesan air dan menyebabkan konslet.
  • Jangan pernah menghubungkan HP ke daya listrik dengan charger.
  • Jangan mengeringkan HP menggunakan hair dryer atau oven. Sebab daya panas kemungkinan akan merusak komponen.

FAQ – Pertanyaan

Bagaimana cara mengatasi HP yang terendam air?

Ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan sebagai tindakan pertama yang bisa mengurangi (bahkan mengatasi) masalah HP yang terendam air: (1) Matikan HP; (2) Lepas komponen HP; (3) Keringkan bagian luar HP dengan kain; (4) Gunakan vacuum cleaner untuk mengeringkan bagian dalam HP; (5) Kubur HP dalam beras.

Apakah air bisa membuat komponen dalam HP rusak?

Bisa. Karena sejatinya komponen dalam HP mendapatkan arus listrik dari baterai. Ketika arus listrik tersebut bertemu dengan tetesan air, kemungkinan terjadi konslet sangat tinggi.

HP mati total ketika terendam air, harus bagaimana?

Sila ikuti langkah-langkah di artikel ini. Kalau ternyata masih tidak bisa hidup, kemungkinan besar ada komponen utama yang terlanjur konslet. Bawa ke tukang servis untuk ganti komponen.


Akhir Kata

Demikian. Itulah tadi 7 langkah atau cara untuk mengatasi HP yang terkena air. Pertama dan yang utama terlepas dari semua langkah di artikel ini adalah … jangan panik.

Jika kalian panik dan tergesa-gesa menghidupkan HP, besar kemungkinan konslet akan terjadi. Maka sabar. Baru … setelah melakukan tindakan pertama di atas HP masih mati, larikan ke tukang servis yang lebih mengerti.

Sekian. Terima kasih.

Tags:,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *