Spesifikasi dan Harga Poco M3: Review, Kekurangan & Kelebihan

Spesifikasi dan Harga Poco M3 – Apa saja spesifikasi Poco M3? Berapa harga HP Poco M3? Apakah Poco M3 bisa memainkan game berat? Temukan semua jawabannya di sini. Berikut adalah daftar isi artikelnya:


Poco M3 adalah smartphone Xiaomi yang baru masuk Indonesia pada tanggal 21 Januari 2021 kemarin. Tapi menurut GSMArena, HP ini sebetulnya sudah dirilis pada tanggal 27 November 2020 lalu.

Terlepas dari tanggal perilisannya, Poco M3 diproduksi oleh Xiaomi untuk menyasar entry level atau segmentasi pasar yang memiliki budget terbatas.

Kendati demikian, seperti para pendahulunya yaitu Poco F2 Pro (HP 7 juta dengan spesifikasi 10 juta) atau Poco X3 NFC (harga 3 juta dengan spesifikasi 4,5 juta), Poco M3 mempunyai price to value yang sangat baik.

Dengan harga mulai dari 1,7 juta kalian sudah bisa menikmati spesifikasi HP yang hampir sama dengan harga 3 jutaan di brand lain.

Memang bagaimana spesifikasi Poco M3? Simak ulasan kami di bawah:

spesifikasi dan harga poco m3

Spesifikasi Poco M3

  • Dimensi: 16,23 cm (tinggi) x 7,73 cm (lebar) x 0,96 (tebal)
  • Berat: 198 gr
  • Build: Gorilla Glass 3 (depan); polikarbonat bertekstur kulit (belakang)
  • SIM Tray: Dual SIM + SD card (3 slot)
  • Layar: IPS LCD, 400 nits
  • Resolusi: 1080 x 2340 piksel
  • OS: Android 10.0 / MIUI 12
  • Chipset: Snapdragon 662 (11 nm)
  • RAM/Memori: 4/64 GB; 6/128 GB
  • CPU: Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU: Adreno 610
  • Kamera utama (3 kamera): 48 MP, f/1.8, (wide); 2 MP, f/2.4, (macro); 2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera depan: 8 MP, f/2.1, (wide)
  • Batrai: 6000 mAh

Review Spesifikasi Poco M3

Poco M3 menjadi HP yang dirilis menggunakan tagline entry-level killer karena dengan harga yang terjangkau, kalian bisa mendapatkan spesifikasi HP yang cukup tinggi. Istilahnya price to value yang sangat baik.

Nah, sekilas kalian sudah lihat secara keseluruhan spesifikasinya di atas. Di bagian ini akan kami jelaskan secara lebih detail masing-masing dari komponen yang tertanam pada Poco M3 ini.

1. OS Android 10 dengan MIUI 12

Sebagaimana HP entry-level keluaran terbaru yang lain, Xiaomi Poco M3 juga sudah menggunakan Android versi versi 10 atau Android Q.

Android 10 ini punya sistem privasi yang canggih. Dengan kata lain, Poco M3 sudah termasuk HP yang aman dalam menjaga privasi pemiliknya.

Sebagai contoh, HP yang menggunakan Android 10 hanya bisa membagikan lokasi terkini ke aplikasi-aplikasi tertentu yang sudah berizin.

Kemudian ada juga fitur focus yang bisa mengeliminasi gangguan-gangguan seperti notifikasi, iklan, dll. ketika kalian sedang berada di satu aplikasi.

Apa yang lebih menarik adalah adanya fitur dark mode (mode gelap) yang bisa membuat keseluruhan HP kalian bertema hitam. Hal ini tentu akan membuat mata tidak cepat lelah ketika berlama-lama menatap layar HP.

2. Body dengan Kesan Ekslusif

Bagian depan Poco M3 ini sudah dilengkapi dengan kaca Gorilla Glass 3 yang tahan terhadap berbagai macam goresan.

Kemudian kamera di bagian belakang diberi semacam section khusus yang memberi kesan sporty. Apalagi di Poco M3 varian warna kuning atau biru, membuat HP ini terlihat lebih’berani’.

Meskipun terbuat dari polikarbonat, bagian belakang Poco M3 memiliki tekstur seperti kulit sehingga menimbulkan kesan ekslusif dan mewah.

3. Chipset Snapdragon 662

HP harga 1,7 juta bisa mendapatkan chipset Snapdragon 662 itu adalah sebuah berkah yang besar. Pasalnya, chipset seri tersebut biasanya hanya bisa didapatkan di HP kisaran 3-4 jutaan.

Xiaomi sebagai produsen yang berani menanamkan chipset segahar itu ke dalam HP entry-level, tentu patut diberondong pujian.

Dengan chipset tersebut kalian bisa memainkan game Mobile Legends dan LoL Wild Rift dengan settingan grafis rata kanan.

4. RAM dan Internal Memori Lega

Tidak bosan kami bilang kalau Poco M3 ini adalah HP dengan price to value yang sangat baik.

Dengan harga mulai dari 1,7 juta kalian sudah bisa menikmati RAM 4 GB dengan internal memori sebesar 64 GB. Selain itu, Poco M3 masih bisa ditambah memori eksternal microSDXC kalau dirasa belum cukup lega.

Di brand lain, untuk mendapatkan RAM dan internal memori dengan kapasitas tersebut, mungkin kalian harus mengeluarkan uang minimal 2,5 juta.

5. Triple Camera dengan Mode Malam Canggih

Poco M3 dilengkapi dengan tiga kamera utama dengan konfigurasi 48 MP bukaan (aperture) f/1.8 dan lensa wide; 2 MP bukaan f/2.4 dengan lensa macro; dan 2 MP bukaan f/2.4 dengan lensa depth.

Kami bisa bilang bahwa kamera utamanya … lumayan. Tidak terlalu bagus, tidak terlalu buruk juga. Mengingat kalian bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau.

Apa yang bisa dibanggakan dari kamera Poco M3 adalah mode malamnya yang canggih. Kalian bisa mengambil gambar pada malam hari dengan hasil yang lebih maksimal ketimbang dengan mode biasa.

Bahkan ketika melihat hasilnya, kami kira itu adalah foto yang dipotret dari kamera lain. Padahal ya … masih di HP yang sama.

6. Baterai Super 6000 mAh

Salah satu yang kemudian ditonjolkan oleh Poco M3 ini adalah kapasitas baterai yang super lega, yaitu 6000 mAh. Sangking pedenya, kapasitas baterai ini dicantumkan di dus HP bagian depannya, lho.

Dengan kapasitas baterai se-lega itu kalian bisa menggunakan Poco M3 hampir seharian penuh dengan penggunaan normal.

Berdasarkan Channel GadgetIn, baterai HP ini hanya berkurang 4% jika digunakan sebagai petunjuk jalan menggunakan aplikasi Google Maps selama 30 menit; dipakai TikTok selama 60 menit hanya berkurang 9%; dipakai Mobile Legends 30 menit hanya berkurang 7%; dipakai main catur 20 menit hanya berkurang 2% saja.

7. Fast Charging 18 W

Akan jadi timpang kalau punya baterai dengan kapasitas besar tetapi tidak dilengkapi dengan fitur fast charging. Bayangkan saja akan berapa lama baterai 6000 mAh sampai terisi penuh?

Maka dari itu Poco M3 dilengkapi dengan fitur fast charging 18 W, yang sanggup mengisi daya sampai penuh hanya dalam waktu 2,5 jam saja.

Tidak hanya itu, Xiaomi mengklaim bahwa baterai mereka bisa mempertahankan performanya hingga pemakaian 2,5 tahun pertama. Biasanya, kan, baterai itu semakin lama dipakai semakin menurut performa dan kapasitasnya.

Jadi dengan klaim seperti itu, kami rasa Xiaomi sudah menciptakan teknologi baru. Hmmm.


FAQ – Pertanyaan

Berapa harga Poco M3?

Harga rilis Poco M3 adalah Rp.1,7 juta untuk spesifikasi 6/64 GB dan Rp.2,1 juta untuk spesifikasi 6/128 GB.

Apakah Poco M3 bisa untuk gaming?

Sangat bisa. Kalian bisa merasakan settingan grafis rata kanan untuk setiap game populer saat ini seperti Mobile Legends, Wild Rift, PUBG (kecuali game berat seperti Genshin Impact).

Ada berapa kamera Poco M3?

Poco M3 dilengkapi dengan 3 kamera utama dengan konfigurasi 48 MP bukaan (aperture) f/1.8 dan lensa wide; 2 MP bukaan f/2.4 dengan lensa macro; dan 2 MP bukaan f/2.4 dengan lensa depth. Dan kamera selfie 8MP.

Apa chipset Poco M3?

Poco M3 dibekali dengan chipset Snapdragon 662 (11 nm)

Berapa kapasitas baterai Poco M3?

Kapasitas baterai Poco M3 adalah 6000 mAh yang sanggup bertahan seharian penuh dengan pemakaian normal.


Kesimpulan

Kesimpulan akhir kami adalah, Poco M3 sangat kami rekomendasikan bagi kalian yang ingin membeli HP dengan spesifikasi gahar tetapi terbatas di budget. Sebab, sekali lagi, dengan harga 1,7 jutaan kalian bisa mendapatkan chipset Snapdragon 662 dengan kapasitas RAM dan internal memori yang lega.

Kapan dan di mana lagi kalian bisa menemukan HP dengan price to value setinggi ini?

Tags:,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *