Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Penyebab HP Cepat Panas – Apakah penyebab HP cepat panas? Bagaimanakah solusi untuk mengatasinya? Apakah di Android atau iOS ada aplikasi untuk mendinginkan HP? Kenapa HP Xiaomi, Oppo, Realme, dan HP Android cenderung cepat panas bila dibandingkan iPhone? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi di bawah sebagai navigasi.


Smartphone kini naik kasta dari kebutuhan tersier menjadi kebutuhan semi-primer. Apalagi untuk penduduk perkotaan, tidak mungkin tidak, pasti membutuhkan yang namanya smartphone atau HP.

Kerja pakai HP, istirahat main HP, makan sambil nonton Youtube di HP, sampai mau tidur pun main HP dulu.

Terlalu sering menggunakan HP akan memberikan dampak negatif bagi penggunanya maupun bagi perangkat itu sendiri.

Salah satu masalah yang paling banyak ditemui adalah HP cepat panas. Terlepas dari apapun brand-nya. Mau Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, Infinix, maupun iPhone. Padahal pas waktu pertama kali beli aman-aman saja.

Kira-kira apa penyebab HP cepat panas? Bagaimana solusi untuk mengatasinya? Simak uraian kami di bawah.

Penyebab HP Cepat Panas dan Solusinya

Kami sudah merangkum beberapa alasan yang bisa membuat HP cepat panas atau overheat. Alasan-alasan di bawah berlaku di semua brand HP karena kami sengaja membuatnya general. Apa saja itu?

Sebab 1: HP Teroptimasi untuk Tampilan

Penyebab HP panas yang petama adalah setelan HP kalian yang berfokus pada tampilan (efek, live wallpaper, transisi, animasi, kecerahan).

FYI, setelan yang seperti itu sangat boros energi. Tentunya akan memberatkan ke CPU dan GPU yang berimbas pada baterai.

Panas yang genggaman tangan kalian rasakan itu biasanya dari baterai yang bekerja terlalu berat, untuk mengakomodir aktivitas CPU dan GPU HP kalian.

Solusi:

  • Optimasikan setelan HP kalian pada performa.
  • Ganti wallpaper dengan foto biasa (lebih baik foto bawaan dari sistem).
  • Atur kecerahan layar seredup yang kalian sanggup. Jangan gunakan kecerahan otomatis karena sistem otomatis membutuhkan resource.
  • Minimalkan transisi HP jika kalian memakai launcher yang mendukung setelan transisi.
  • Minimalkan animasi / motion di developer option (baca: cara mengaktifkan mode pengembang).
  • Jika ada mode battery saver, aktifkan.

Sebab 2: Bermain Game Terlalu Lama

Penyebab HP cepat panas yang kedua adalah aktivitas bermain game yang lupa waktu.

Game tentu memerlukan resource sangat besar dan cenderung memberatkan CPU, GPU, dan RAM yang akhirnya berimbas pada baterai. Inilah alasannya kenapa banyak sekali baterai HP cepat rusak.

Beda hal kalau HP yang kalian pakai memiliki spesifikasi high-end, mungkin bisa bertahan lebih lama dibandingkan HP low dan mid-end.

Tapi bukan berarti HP high-end akan kebal dari panas. Jika kebiasaan main game tanpa kenal waktu ini terus dilakukan, suatu saat pasti akan cepat panas juga.

Namanya produk buatan manusia pasti punya celah kerusakan yang bisa melebar seiring waktu.

Solusi:

  • Disiplin terhadap waktu. Buat jadwal kapan dan berapa lama main game.
  • Jika ada fitur game turbo, aktifkan.
  • Jika baterai HP tinggal sedikit, jangan paksa main game sambil dicharge.
  • Jika sudah timbul gejala HP cepat panas, setting game dengan grafik low – medium. Jangan rata kanan semua.

Sebab 3: Overcharging

Alasan ketiga yang bisa membuat HP cepat panas adalah overcharging atau charge baterai HP secara berlebihan. Hal tersebut akan membuat HP kalian menerima aliran listrik melebihi yang seharusnya.

Ini adalah kebiasaan buruk semua orang. Kami pun sering kelupaan tidak mencabut charger ketika baterai HP sudah penuh. Alasannya, sih, klasik. Lupa cabut charger karena sibuk mengerjakan sesuatu yang lain.

Namun yang paling sering adalah HP dicharge pas mau tidur, lalu dicabut pas bangun. Padahal bisa saja baterainya sudah penuh lama sekali sebelum kalian bangun.

Tapi alasan tidak bisa membenarkan kebiasan buruk. Syukurnya ternyata ada beberapa solusi untuk mengatasi permasalahan ini.

Solusi

  • Charge HP 2 jam sebelum waktu tidur dan cabut tepat sebelum tidur, terlepas dari penuh atau tidaknya baterai. Jika belum penuh bisa dilanjut sebentar setelah bangun.
  • Gunakan aplikasi pihak ketiga yang akan membunyikan alarm ketika baterai mencapai 100%. Sila download di sini.

Sebab 4: Charger Rusak

HP panas yang disebabkan oleh charger yang rusak bisa diidentifikasi dari letak panas yang kalian rasakan.

Biasanya panas yang disebabkan charger rusak akan terletak di bawah HP letak colokan USB. Kadang juga menimbulkan bau gosong yang samar-samar.

Jika kalian mengalami hal ini, jangan tunda-tunda! Langsung beli charger baru yang lebih proper. Kalau tidak, skenario terburuknya adalah meledak seperti kasus yang pernah viral tempo lalu.

Sebab 5: Menggunakan HP saat Sedang Dicharge

Jikapun charger kalian dalam keadaan bagus, menggunakan HP saat sedang dicharge adalah sebuah pantangan yang banyak orang langgar.

Sudah banyak kasus HP yang sedang dicharge meledak di telinga (karena digunakan untuk telpon).

Menurut kami, kasus-kasus tersebut sudah cukup menjadi bukti bahwa temperatur HP akan cepat meningkat saat terhubung dengan daya listrik.

Maka solusinya hindari kebiasaan buruk tersebut dengan belajar menahan diri. Atau setidaknya matikan internet agar tidak terkesan mengabaikan pesan masuk.

Sebab 6: Terlalu Banyak Aplikasi Terbuka

Penyebab HP cepat panas berikutnya adalah banyaknya aplikasi yang terbuka di background. Istilahnya adalah multitasking aplikasi.

Ketika HP kalian menjalankan beberapa program dalam waktu bersamaan, beban akan diterima oleh CPU, GPU, dan RAM. Hal tersebut akan membuat HP cepat panas dan menguras baterai dengan cepat.

Telebih lagi jika aplikasi-aplikasi tersebut terhubung ke internet. Wah, sudah, deh, bakal cepat sekali panasnya.

Solusi

  • Hanya buka aplikasi yang sangat penting saja dalam satu waktu.
  • Rajin-rajin cek recent apps (biasanya dengan menekan tombol strip tiga di samping kanan home) lalu clear yang tidak perlu.
  • Silakan clear atau boost RAM menggunakan aplikasi bawaan. Jangan instal aplikasi pihak ketiga karena akan memberatkan.

Sebab 6: Casing HP jadi Isolator Panas

Dalam beberapa bidang, isolator panas sangat diperlukan agar temperatur tinggi tidak menyebar dengan cepat ke segala bidang.

Casing HP mungkin bisa melindungi perangkat dari goresan atau sebagai bantalan ketika terjatuh. Namun di sisi lain, bahan casing HP yang bersifat isolator panas bisa menjadi ‘selimut’ yang bisa membuat HP cepat panas.

Maka solusi untuk masalah ini adalah dengan membuka casing HP sementara waktu sampai temperatur menurun.

Sebab 7: Overclocking

Overclocking merupakan sebuah teknik untuk mendorong HP mencapai kemampuan maksimalnya, dengan mengotak-atik setelan sistem dalam mode root.

Biasanya mereka yang melakukan overclocking sudah tahu resiko yang akan didapatkan (salah satunya perangkat jadi mudah panas). Jadi, kami sangsi pelaku overclocking akan membaca artikel ini.

Namun sebagai tambahan informasi, overclocking di HP Android sangat lazim dilakukan oleh orang-orang yang memang suka ngoprek. Tetapi jika kalian orang awam, kami tidak menyarankan hal tersebut karena jika terjadi kegagalan sistem, mungkin akan sulit membetulkannya.


FAQ – Pertanyaan

Apa penyebab HP cepat panas?

Penyebabnya bisa macam-macam. Di antaranya: HP yang teroptimasi untuk tampilan (bukan performa), overcharging, overclocking, multitasking aplikasi, casing HP yang jadi isolator, sampai ke charger yang rusak.

Apa solusi HP cepat panas?

Secara umum agar HP tidak cepat panas adalah dengan disiplin menggunakan HP. Jangan pernah gunakan HP saat sedang dicharge dan perhatikan baterainya. Jika sudah mencapai 100% harap langsung dicabut. Kemudian janga lakukan overclocking dan membuka banyak aplikasi dalam satu waktu.


Akhir Kata

Demikian. Itulah beberapa penyebab kenapa HP cepat panas dan beberapa solusi untuk mengatasinya. Ya … meskipun solusi yang kami tawarkan bersifat general, tidak ada salahnya dicoba.

Kemudian, jika saat kalian menemukan artikel ini belum ditemukan gejala-gejala HP cepat panas, maka kami sarankan agar terus disiplin menggunakan HP agar awet.

Sekian. Terima kasih.

Tags:,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *